Pembelajaran TK dimasa pandemi

Sejak adanya aturan belajar dirumah bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah bagi guru, semua harus mencari cara agar proses belajar tetap berjalan meskipun tetap didalam rumah dalam jangka waktu yang tidak tertentu.Kondisi saat ini merupakan hal yang tak terduga bagi guru, orang tua dan anak-anak.

Ada sebagian yang melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan TI, tapi ada sebagian yang mengalami kesulitan karena jaringan internet tidat stabil bahkan tidak ada jaringan internet atau karena alasan yang lain.

Khusus dalam pendidikan anak usia dini pelaksanaan PJJ tidak bisa berjalan lancar dan sukses, karena masih banyak keluhan dari guru maupun dari orang tua. Orang tua banyak yang tidak sabar mendampingi anak- anaknya belajar.

Dalam pembelajaran di TK sebenarnya bisa dilaksanakan melalui bermain, karena dengan bermain akan menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi bagi anak. Dimanapun kegiatan bermain bisa dilakukan anak-anak.

Kegiatan bermain juga dapat mengembangkan kreatifitas, memecahkan masalah, menumbuhkan percaya diri, menumbuhkan kemauan untuk berbagi,melatih konsentrasi, menambah kosa kata, dan yang lainnya.

Bermain merupakan kebutuhan yang mutlak bagi perkembangan anak. Oleh karenanya guru dan orang tua perlu memfasilitasi kebutuhan anak dalam menyediakan berbagai permainan yang dapat mendukung perkembangan anak. Alat bermain dapat menggunakan benda-benda yang ada disekitar yang tidak mebahayakan bagi anak. Bisa memanfaatkan lingkungan /loose part. Bermain yang menyenangkan akan bermanfaat bagi anak dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan, antara lain aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan seni.

Ada beberapa tips agar kegiatan bermain dapat bermanfaat bagi anak, diantaranya:

  1. Menggunakan alat dan bahan yang ada disekitar.
  2. Letakkan mainan yang mudah dijangkau anak.
  3. Ciptakan suasana bermain yang menyenangkan
  4. Hindari benda-benda yang membahayakan bagi anak.
  5. Permainan harus disesuaikan dengan kemampuan anak.
  6. Lakukan secara berulang-ulang agar anak terampil.
  7. Sabar dan telaten dalam mendampingi anak bermain.
  8. Beri tauladan yang baik.
  9. Libatkan anak dalam kegiatan sehari-hari.
  10. Beri kebebasan anak untuk berkreasi.
  11. Dokumentasikan apa yang telah dilakukan dalam kegiatan bermain.

13 tanggapan untuk “Pembelajaran TK dimasa pandemi

  1. Kreativitas guru sangat dituntut untuk menarik minat belajar. Kerja pararel antara ortu dan guru hrs terjalin manis dalam memfasilitasi dan membimbing anak belajar🙏. Keren Tulisannya, bermanfaat dan sangat menginspirasi👍

    Suka

  2. Subhanallah.. Good banget.. Pak.. Sangat sesuai dg beberapa materi saat ini berkaitan pada pandemi. Pembelajaran jarak jauh BDR lagi di perkembangan melalui pendampingan pada lembaga diseluruh Indonesia.. Good job.. Pak👍👍👏😆

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: