Implementasi etika dan karakter guru dan orangtua dalam pembelajaran AUD dimasa pandemi

Kode Etik Guru

  1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manuasia pembangunan yang ber-pancasila.
  2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  3. Guru mengadakan komunikasi, terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dai segala bentuk penyalahgunaan.
  4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orangtua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  5. Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat sekitar sekolahnya maupun masyarakat luas untuk kepentingan pendidikan.
  6. Guru secara sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
  7. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antar sesama guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun didalam lingkungan keseluruhan.
  8. Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya.
  9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah bidang pendididkan.

Orangtua adalah guru yang pertama dan utama bagi anak tentunya menjadi teladan bagi anak. Dalam prosesnya karater dipengaruhi proses internal. dimana hal tersebut diturunkan dari orang tuanya dan interaksi dengan lingkungannya. Interaksi dengan lingkungan pada karakter anak dalam hal ini peran guru yang menjadi teladan buat anak-anak. Penting bagi orangtua dan guru mengajarkan etika dan karakter dalam pembelajaran dikarenakan pada saat ini hidup dalam masyarakat yang pluralistic, anak berada dalam masa transformasi yang sangat cepat, anak dapat menghadapi ideologi baru dengan kritis dan objektif dalam pembentukan nilai-nilai.

Strategi menanamkan etika dan karakter anak, tentunya guru dan orangtua harus menjadi teladan bagi anak dan mengkondisikan mulai dari aturan yang jelas dan mudah dipahami anak. Menciptakan lingkungan yang kondusif dan merencanakan kegiatan yang mengandung nilai-nilai karakter serta kegiatan yang memberikan manfaat untuk anak serta dilakukan secara konsisten sehingga menjadi pembiasaan.

Pada masa pandemi ini guru dan orang tua berkolaborasi dalam mengimplementasikan etika dan karakter.Orangtua sebagai guru dirumah dikarenakan pembelajaran dilakukan dirumah, orangtua juga dapat mengetahui capaian kegiatan pembelajaran khususnya etika dan karakter karena orang tua lebih mempunyai banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anaknya. Hal tersebut dapat dilakukan oleh orangtua dengan terlibat langsung secara emosional, intelektual, dan social, menjadi model bagi anak, menata lingkungan rumah , dan melakukan kegiatan yang sudah direncanakan dan tidak direncanakan. Bagi guru mampu mengintegrasikan materi karakter kedalam pembelajaran, mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri, yang berwawasan pengembangan budi pekerti dan akhlak mulia, menjadi model serta sosok tealadan bagi anak.

sumber: materi webinar GTK Kemdikbud 28 Juli 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: