RESUME KEGIATAN BIMTEK PEMBELAJARAN INKUIRY

Ciri khusus dari pembelajaran inkuiri ada proses bertanya, eksplorasi, investigasi, menemukan solusi, menarik kesimpulan, dan menerapkan pengetahuan yang sudah di pahami anak. Unsur-unsur yang ada di saintifik ada dalam inquiri . Jika sudah mengimplementasikan saintifik secara tidak langsung sudah menerapkan pembelajaran inquiri. Tinggal menguatkan unsur yang belum  di lakukan.

Mencipta itu adalah membuat inovasi atau sesuatu yang baru. misal tentang jeruk. kalau biasanya hanya dibuat minuman, itu bisa dibuat kue dll. ketika anak membuat bangunan rumah. apa rumah itu harus lain dari rumah-rumah biasanya. Mencipta itu ketika anak sudah bisa membuat bangunan, kita kasih pertanyaan dengan kalimat hots apa yang bisa kamu tambahkan di bangunan kamu agar bisa menjadi lebih bagus. Jadi tidak harus bentuk lain, tapi kreasi dari rumah yang sudah di buat,tapi kalau mau di kembangkan model bentuk rumah lain juga lebih bagus, Mencipta lebih ke mengasah logika dan tingkatan tertinggi anak dlm berpikir.

Keterkaitan metode pembelajaran inkuiry dengan lossepart,hampir sama untuk memberikan kebebasan pada anak untuk berkreatifitas sesuai pola pikir masing-masing anak. Metode itu cara guru dalam menerapkan model pembelajaran. Loose part itu media yang di gunakan untuk mengaplikasikan. Karena loose part itu sendiri benda lepasan yang bisa di gunakan kemana-mana dan bisa untuk membuat kreasi apapun sesuai kehendak anak.

Penggunaan metode ini di sesuaikan dengan kemampuan pendidik,Kalau model pembelajaran di sesuaikan kondisi lembaga masing-masing. Pendidik harus selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dan yang jelas harus menguasai beragam metode pembelajaran.

Dalam perencanaan jika guru sudah memahami pendekatan inkuiri pasti akan muncul dalm kegiatan yang di siapkan dengan beragam media atau loos part ,tidak hanya 1 bentuk.

Untk penyusunan rppm dan rpphnya tetep sama, kalau yg baru isinya tujuan pembelajaran (KD), kegiatan (munculnya inkuiri akan terlihat di sini dan cara guru bertanya), serta rencana indikator yg akan di nilai. Langkah-langjah yang tidak di tulis adalah kegiatan pendukung pembelajaran.

Pembelajaran inkuiri pembelajaran yg bebas maksudnya lebih pada anak merdeka belajar .Bukan teacher center tapi student center. Guru tetep berusah menjadi inquiri dengan cara mempersiapkan segala media dan perencanaan hipotesanya

Bentuk penilaiannya boleh tetap menggunakan yang biasa lakukan hanya kita tambakan learning story.

Dalam RPPnya model pembelajaran inkuiri dan muatan pembelajaran steamnya tidak perlu ditulis karena itu merupakan pendekatan. Jadi maksudnya cara yang guru lakukan. Yang di cantumkan model pembelajarannya. misal sentra , proyek, atau sudut dll.

Yang bisa diambil manfaat dari pembelajaran inquiri ini adalah esesnsi tidak ada yang perlu di ubah seperti model pembelajaran. Hanya gurunya saja bagaimana bisa menjadi guru inquiri. Guru inkuiri harus bisa berkomunikasi secara hots. Dan harus memahami loos part yang dikatakan alat untuk bisa menunjang inkuiri tersebut. Strateginya pelan-pelan, Di tulis semua contoh kalimat taksonomi bloomnya misal contoh kalimat mengingat dll.

Kita cermati saintifik dan inkuiri .

Proses saintifik :

  • Mengamati
  • Menanya
  • Mengumpulkan informasi
  • Menalar
  • Mengkomunikasikan.

Sedangkan proses inkuiri :

  • Bertanya
  • Eksplorasi
  • Investigasi
  • Menemukan solusi
  • Menarik kesimpulan
  • Menerapkan pengetahuan

Jadi saling berkaitan dalam proses. Cuma inkuiri lebih mendalam.

STEAM itu muatan di dalam pembelajaran. Misal tema buah pisang. Muatan sainsnya bagaimana anak mengenal karakteristik buah pisang, teknologinya bagamana cara dia mengenal atau memahami buah pisang menggunakan photo atau benda-benda lain, enginer generingnya bagaimana anak bisa membuat olahan pisang, art nya bagainana anak bisa membuat bentuk pisang dll. mathematicnya anak bisa mengelompokkan memilah buah pisang tersebut.

Steam akan bisa di fahami anak jika guru bisa membantu dengan kalimat hots atau kalimat terbuka.

Inquiri bukan model pembelajaran akan tetapi merupakan pendekatan dan pandangan, jadi tinggal pilih model pembelajaran apa dan cara pandangnya siapa Kalau ini pandangan dr regio emelia. Jadi cari model dahulu baru menganut faham siapa . Model ada montessori juga. Itu pendekatan maria montessori.

Untuk membuat kalimat hots untuk anak misal untuk kalimat mengamati, kalimat menanya dsb bukan sesuai kemauan, akan tetapi sesuai kondisi anak dan sesuai kemampuan guru. Cara berkomunikasi untuk bisa menstimulasi anak agar bisa mengingat, memahami, menerapkan, menganalisa, mengevaluasi, dan.mencipta itu beda-beda di sesuaikan kemampuan anak. Jadi berhasil dan tidak nya belajar inkuiri tergantung kreatifitas guru dan semangat guru untuk berubah.

Kalau perbedaan inkuiri dengan problem best learning ; Best learning memberi kesempatan anak untuk meningkatkan ketrampilan kerja, inkuiri lebih berdasar pada observasi langsung

Tingkatan proses kognitif adalah tingakatan anak untuk berpikir lebih tinggi :

Lost : mengingat , memahami, menerapkan

Hots : menganalisis, mengevaluasi, mencipta

Berkaitan dengan tingkatan inkuiri dalam praktek pembelajarannya  pada satu kegiatan dilihat masing-masing anak. Kadang walau usia sama tingkatannya berbeda. Jadi tidak berdasar waktu misal bertahap atau langsung pada tingkatan bebas, misal selama beberapa bulan di awal masih terkontrol , bulan  selanjutnya  terbimbing. Jadi berdasarkan kemampuan masing- masing anak bund. Guru sendiri yang tahu dia masih pada tahapan terkontrol, terbimbing, terencana, apa bebas dan kalimat hotsnya otomatis menyesuaikan.Usia juga bisa jadi pertimbangan, kita juga harus tahu tahapan bahasa anak-anak.

Metode ini boleh di gunakan disemua sesi yakni saat sesi pembukaan sampai penutup. Cuma karena ini menekankan pada perkembangan kognitif banyaknya di kegiatan inti baik di indoor ataupun out door. Sekaligus bebas main di kegiatan terstruktur atau penunjang.

CONTOHNYA

Inkuiri : saat anak bermain, guru hanya menyiapkan alat main, tema didiskusikan di awal, guru mendampingi cara menyelesaikan masalah sesuai kondisi anak masing-masing.

Berbasis masalah : guru menyiapkan alat bahan, tapi tidak di bahas mau materi apa yang di bahas, tapi menawarkan ke anak, kira-kira apa yg ingin di lakukan. Berbasis masalah … asal bukan kita yg berbasis mslh ya…

Jd masalah yg di maksud adl masalah anak ketika melihat apa yang kita siapkan dengan dukungan media yang kita siapkan juga. Yang memunculkan rasa ingin tau anak. Rasa ingin tau anak itulah yang di sebut dengan masalah anak.

Nah ketika anak punya masalah dia bisa mencari solusi dengan cara bereksplorasi sendiri, mencari jawabann sendiri. Tapi ketika kegiatan yang kita siapkan kurang menginspirasi, yang buat anak cepet menyelesaikan, misal mengecap. Itu belum di anggap berbasis masalah.

Inkuiri berpengaruh pada hasil perubahan perkembangan perilaku anak, karena inkuiri lebih memperhatikan keunikan anak2. Jadi setiap anak harus di fahami dan di berikan dukungan yg berbeda-beda. Dan hasil juga akan berbeda.

Jadi semua metode pembelajaran ini mengarah ke pembentukan karakter anak. Mempunyai karakter yang di harapkan anak bisa mandiri, punya ketrampilan memecahkan masalahnya sendiri, tida tergantung dengan prang lain.

Discoveri learning hampir mirip dengan inkuiri dan problem solving. Mengajarkan anak memecahkan masalah sendiri dengan pengawasan guru

Berbasis masalah guru tetap menyediakan media, hanya di tanya ke anak maunya kegiatan apa. Guru tetep buat perencanaan hipotesa.

Jadi untuk pembelajaran inkuiri ini intinya kegiatan yg melibat kan seluruh anak, guru mengarahkan seluruh potensi anak dengan dukungan komunikasi guru yang hots. Guru boleh menjelaskan apa saja di awal kegiatan, menjelaskan tema apa tetapi saat kegiatan tidak di arahkan harus buat apa.

BDR sekarang ini  pembelajaran inkuiri ini justru lebih bermakna dan lebih membuat anak tidak bosan berarti guru bisa berperan latihan memberi contoh ke orang tua siswa.

Contoh learning story “Kebun Bunga”

Anita mengambil kuas yang berbentuk panjang, kemudian tangannya yang mungil mulai memainkan dan mengaduk pewarna yang ada dalam piring kecil yang berwarna warni. Ia mencermati beberapa warna cat makanan, kemudian mencoba mulai melukis dengan cat warna membentuk bunga. Anita menambahkan beberapa bentuk bunga yang indah dan berwarna-warni. “Aku pingin membuat kebun bunga”, katanya sambal menengok ke jendela seraya berpikir. “Kebun yang banyaaaak sekali bunganya,  Biar orang-orang yang lewat suka melihat kebunku.” Jelas Anita. Setelah membentuk kebun bunga, anita kembali mengambil hasil kreasinya dan menambahkan hiasan bentukkupu-kupu. Ketika ditanya, “ Bentukapakah itu? Anita menjawab : “Kupu-kupu.” gambar kupu-kupu terletak berdekatan dengan gambar bunga. Anita menjelaskan kalau kupu-kupu suka dating di bunga yang indah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: